Apakah Kami telah Beriman?

2 08 2012

احسب الناس ان يتركوا ان يقولوا ءامنا وهم لا يفتنون – ولقد فتنا الذين من قبلهم فليعلمن الله الذين صدقوا وليعلمن الكذبين

”Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka Sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS Al-Ankabuut 2-3).

Bersyukurlah dengan kondisi kita saat ini. Di mana nikmat hidayah  dan kesempatan masih diberikan oleh Allah SWT. Apalagi yang berharga selain iman? Dengannya kita bisa mengetahui hakikat kita hidup. Kita mengetahui bagaimana seharusnya mengisi kehidupan ini.

Setelah kita yakini iman dalam dada, kita tidak dibiarkan begitu saja. Ayat di atas menjelaskan bahwa Allah SWT akan memberikan ujian untuk membuktikan iman kita. Satu per satu ujian akan dipergilirkan kepada kita, mulai yang mudah sampai dengan yang sulit.

Ketika kita mengaku beriman pada Allah SWT maka kita diuji dengan perintah dan laranganNya. Akankah  kita melaksanakan perintahNya dan meninggalkan laranganNya? Ketika kita mengaku akan mencintai sesama, maka Allah kirimkan kepada kita para dhuafa. Ketika kita bertekad untuk menerima takdirNya, Allah berikan beberapa musibah yang membuat kita sedih. Pada saat kita menasehati keluarga  dan orang terdekat kita untuk selalu berbuat baik, di saat yang sama kita dihadapkan pada kesempatan luas untuk berbuat kejelekan. Setelah kita berulang-ulang mengucap istighfar, kemudian Allah hamparkan kesempatan kita untuk mengulangi kembali dosa kita. Tiap kali kita puji Allah, di saat berlainan Allah kirimkan orang untuk memuji/mencaci kita. Di saat kita mulai beramal, di saat yang sama hati tak lekang oleh riya’ dan ujub. Ketika kita menuju kesholehan pun, Allah menguji dengan caraNya.

Iman butuh pembuktian. Hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: